Pesona loksado

Loksado Back to Nature
============================================
BannerFans.com ImageChef Custom Images
===========================================
Cerita sedikit mengenai perjalanan ke salah satu objek wisata andalan kalsel yang terkenal dengan bamboo rafting atau petualangan menyusuri jeram dengan menggunakan rakit bambu. Sayangnya perjalanan saya selama 3 hari kesana pada 2005 yang lalu belum sempat merasakan petualangan menaiki rakit bambu untuk menyusuri arung jeram yang cukup menantang.

Dengan menaiki mobil carteran, berangkat dari Banjarmasin dan berhenti di terminal Kandangan. Dengan berganti mobil khusus angkutan Loksado, jalan yang berliku dan banyak tikungan tajam cukup membuat aku dan beberapa kawan ku tegang. Walaupun sebenarnya sopir yang mengantarkan kami sudah mahir dengan keadaan jalan seperti itu, tetap saja bagi kami yang hanya sesekali dalam setahun melewati jalan seperti itu menjadi sedikit gugup. Namun kegugupan itu akan sedikit terobati saat ku layangkan pandangan ke kiri dan kanan jalan. Pemandangan yang tidak bisa di uraikan dengan kata-kata, yang bisa terucap hanyalah indahnya..!

Ada 14 orang waktu itu termasuk aku sendiri, sembilam orang lainnya adalah teman sekelas ku dan tiga guru ku. Dengan perecanaan yang tidak begitu matang, kami tetap berangkat. Biaya seadanya membuat kami harus memikirkan tempat beristirahat dan bermalam. Namun kami tidak kehilangan akal, dengan membawa tenda (terpal) kami mendirikan tenda tak jauh dai penginapan. Kami hanya menyewa satu kamar penginapan untuk meletakan barang-barang penting agar aman terutama saat kami berangkat menuju air terjun Haratai.

Pegunungan Meratus yang membentang ratusan kilometer dari utara ke selatan merupakan wisata alam petualangan yang menantang dan menawarkan berbagai objek wisata yang menarik. Loksado sendiri adalah salah satu objek wisata alam yang sudah cukup terkenal baik dimata wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Menikmati loksado serasa membawa kita kembali kealam atau istilah kerennya back to nature.

Back to nature, kata itu memang tidak asal sebut. Sebab perjalanan dan petualangan yang akan ditemui akan mengobati rasa jenuh kita akan rutinitas keseharian kita. Jika anda hobi memancing anda boleh menyempatkan diri untuk memancing. Perjalanan melewati banyak jembatan gantung, suasana hutan yang kala itu masih terjaga, udara yang sejuk tanpa polusi, dan bunyi kicauan burung serta serangga akan mengobati kerinduan kita akan kedamaian.

Bagi anda yang ingin menikmati sensasi Loksado akan lebih menarik lagi jika berkesempatan bermalam di rumah balai, yaitu rumah adat suku Dayak Loksado dan tentunya akan menjadi pengalaman yang semakin tak terlupakan.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman facebook anda !
Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar