Survive di hutan atau gunung

Tips jika Anda terluka di hutan atau gunung
BannerFans.com ImageChef Custom Images

Ada sedikit tips nih buat kamu jika mengalami kecelakaan misalnya terluka di gunung. Mungkin bagi para pecita alam atau mapala hal ini bukan hal baru lagi dan mereka sudah siap dan memiliki bekal pengetahuan tentang itu, so info ini buat mereka yang belum punya gambaran dan dasar pengetahuan semoga bermanfaat.

Jika anda terluka di hutan atau gunung, perkirakan berapa lama seseorang dari rombongan/tim SAR akan datang membantu anda. Jika anda pergi sendiri perkirakan berapa lama pendaki lain akan melintasi daerah anda/sekitar anda. Hal ini untuk mengambil keputusan apakah anda harus berpindah tempat, atau berdiam diri menunggu bantuan tiba.

Sebisa mungkin anda meminimalisir efek luka anda misalnya pendarahan, patah tulang, atau cidera pada kaki (keseleo) dsb. Jika mengalami patah tulang kaki atau keseleo sangat tidak menguntungkan jika anda memaksakan diri untuk terus bergerak (berjalan). Lebih gawat jika mengalami patah tulang (dengan tulang mencuat keluar atau patah tulang terbuka) jangan coba-coba mengembalikan sendiri keposisi semula jika anda tidak pernah mendapatkan pelatihan tersebut, yang bis dilakukan misalnya menghentikan/mengurangi pendarahan.

Jika dengan keadaan luka tersebit anda tidak mungkin bergerak cobalah dengan memberikan sinyal misalnya memantulkan siar matahari dengan cermin ke batu atau pesawat/dinding gunung, membuat api dan menciptakan asap untuk memberi tanda ! atau dengan membunyikan peluit sebagai sinyal agar orang lain atau regu penolong menemukan anda. Selama anda tidak panik dan bisa mengatasi ligkungan anda masih memiliki harapan utuk selamat !

Semoga bermanfaat !


Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman facebook anda !
Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar