Respirasi


                                    Respirasi

Pernapasan (respirasi) adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan dua proses yang berbeda tapi saling berhubungan, yaitu pernapasan seluler dan pernapasan mekanik. Pernapasan seluler adalah proses dimana sel memperoleh energi melalui pemecahan molekul organik. Pernapasan mekanik adalah proses penyerapan oksigen untuk pernapasan seluler yang diserap dari atmosfer ke dalam sistem vaskuler darah dan pengeluaran karbondioksida ke atmosfer.

Sistem pernapasan (repirasi) memiliki komponen fungsional yaitu sistem konduksi untuk mengangkut gas ekspirasi dan inspirasi antara atmosfer dan sistem sirkulasi, serta sebagai permukaan untuk pertukaraan pasif gas antara atmosfir dan darah. Sistem konduksi pada darahnya diawali sebagai saluran tunggal yang bercabang-cabang membentuk jalan pernapasan yang diameternya semakin kecil. Percabangan terminal dari sistem konduksi membuka ke dalam kantung berujung buntu yang disebut alveoli yang merupakan tempat pertukaraan gas.

Alveoli merupakan jaringan paru yang dindingnya berstruktur tipis yang dilapisi oleh jaringan kapiler yang amat banyak yaitu kapiler pulmoner. Susunan ini memberikan bidang temu berlimpah dengan ketebalan minimal untuk pertukaran gas antara atmosfer dengan darah. Proses difusi gas berlangsung terus yang memerlukan gradient adanya tekanan gas yang sesuai melalui dinding alveolar. Hal ini dicapai dengan perfusi cepat dan berkelanjutan dari kapiler pulmoner oleh darah vena sebelah kanan jantung dan pertukaran gas alveolar yang teratur melalui proses pernapasan.

Pemakaian oksigen oleh mitokondria selama proses fosforilasi oksidatif menyediakan mekanisme utama untuk sintesis ATP oleh sel-sel tubuh. Mitokondria merupakan tempat pembentukan karbondioksida, produk sisa terbesar dari metabolisme. Paru dan sistem sirkulasi memungkinkan mekanisme pengiriman oksigen ke sel-sel dan membuang karbondioksida.

Selama jalannya evolusi, hemoglobin (protein khusus) mengembangkan kapasitas angkut oksigen darah meningkat. Perubahan karbondioksida menjadi asam karbonat dalam sel-sel darah merah serta disosiasi menjadi bikarbonat dan ion hidrogen memungkinkan mekanisme pengaturan keasaman dari cairan tubuh melalui pengontrolan volume ekspirasi karbondioksida. Karbondioksida dan oksigen dalam darah merupakan agen yang sangat kuat untuk pengontrolan aktivitas baik sistem pernapasan maupun sistem kardiovaskuler

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda !

Share

====================================================================
Aplikasi travian paling great !!

TMbot manager Crack Version

Order & confirm to: muhammadjumani@gmail.com


Information : Click here


===========================================================================

Ingin punya bisnis online sendiri ?

Penghasilan ratusan ribu-jutaan/bulan 100% jadi milik anda.

Mudah, simple, tidak perlu banyak pengalaman berbisnis.

99% Otomatis, tidak repot, tidak perlu cari downline.

Di rekomendasi untuk pemula, yang masih awam bisnis internet !

Dengan 50 Rb, gratis member selamanya, dan gratis download jutaan file. 

Informasi lebih lanjut klik disini.







0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar