Contoh makalah

Makalah

Makalah dalam perkuliahan bahkan sekolah sering menjadi tugas yang tidak terlalu disenangi. Karena makalah menuntut sipembuat untuk fokus dan teliti, bisanya ini berkaitan dengan sifatnya yang bisa di bilang formal atau semi formal. Sehingga dalam pembuatannya tidak sembarangan dan harus di dukung oleh sumber  fakta bukan hanya opini semata. Sayangnya pelatihan dan pembekalan untuk membuat sebuah makalah terkadang tidak dilakukan oleh guru atau dosen di dalam suatu perguruan tinggi ketika akan memberikan tugas makalah tertentu. Biasanya materi pembekalan ini di bebankan kepada matakuliah atau mata pelajaran tertentu di sekolah atau perguruan tinggi. Misalnya di perguruan tinggi terkait dengan cara-cara penulisan ilmiah. Dan di sekolah di ajarkan di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Meskipun ada moment atau wadah organisasi tertentu yang kadang memberikan pembekalan ini. misalnyadi sekolah organisasi OSIS dan di perguruan tinggi BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa.


Makalah yang baik memiliki beberap kriteria antara lain Format, Isi dan sitematika penulisan serta sumber yang relevan. Format makalah secara umum adalah meliputi cover, pendahuluan, isi, penutup dan daftar pustaka. Untuk cover biasanya berisi logo, keterangan tugas makalah, pemberi tugas, pembuat tugas, institusi, dan tahun. sedangakan pendahuluan meliputi, kata pengantar, daftar isi, dan pendahuluan. Isi meliputi inti dari konten sebenarnya yang dibahas berdasarkan fakta dan sumber yang ada. Penutup dapat berisi kesimpulan dan atau saran. Daftar pustaka di bagian akhir adalah tempat mencantumkan semua sumber yang kita gunakan untuk membuat sebuah makalah. Sebenarnya ada lagi satu yaitu lampiran, ini untuk makalah tertentu saja yang mencantumkan misalnya hasil penelitian dan sebagainya.

Meski ada format tertentu dalam penulisan sebuah makalah, terkadang perintah dari si pemberi tugas tidak selalu harus lengkap, jadi kita harus bisa menyesuaikan, jika memang tidak ada instruksi khusus maka dapatlah berpedoman pada sistematika penulisan makalah yang ada. Namun jika sipemberi tugas memberikan format khusus maka ikutilah format penulisan makalah yang ada. Ikuti contoh makalah yang ada agar tidak disalahkan. 

Hal ini memang sedikit berbeda dengan proposal penelitian maupun karya ilmiah yang lebih formal sifatnya dan menuntut banyak aturan.  Semoga di lain artikel saya bisa membahas contoh penulisan karya ilmiah dan contoh proposal penelitian.

silahkan downlod pdf salah satu contoh  makalah tugas Ilmu Budaya Dasar berikut !


Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda !

Share

===================================================================
Aplikasi travian paling great !!

TMbot manager Crack Version

Order & confirm to: muhammadjumani@gmail.com

price : Rp 30.000 

Transfer Bank Mandiri

No rekening transfer akan di kirimi via e-mail

More Information : Click here

==========================================================================

Ingin punya bisnis online sendiri ?

Penghasilan ratusan ribu-jutaan/bulan 100% jadi milik anda.

Mudah, simple, tidak perlu banyak pengalaman berbisnis.

99% Otomatis, tidak repot, tidak perlu cari downline.

Di rekomendasi untuk pemula, yang masih awam bisnis internet !

Dengan 50 Rb, gratis member selamanya, dan gratis download jutaan file. 

Informasi lebih lanjut klik disini.







0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar