Contoh proposal

Contoh-contoh proposal

Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Proposal ada beberapa macam, misalnya proposal kegiatan, proposal usaha, proposal penelitian, dan proposal acara

Proposal sangat penting terutama dalam menyelenggarakan acara yang memerlukan dana sebab salah satu point penting terselnggaranya sebuah kegiatan atau acara. Proposal izin kegiatan misalnya, jika isi proposal tidak bisa meyakinkan tentang acara atau kegiatan kita maka bisa jadi acara kita tidak di setujui atau tidak di dukung. Jika bertujuan untuk menggalang dana, proposal adalah penentu apakah calon donatur akan memberikan/mencairkan dana utuk acara kita atau tidak.

Kriteria proposal yang baik bergantung dari jenis proposal yang akan di buat. Sebagai contoh : jika anda ingin membuat proposal pengajuan dana maka proposal dikatakan berhasil jika bisa mengumpulkan dana. Karena proposal atau permohonan dapat dinilai bagus jika bisa mencapai target atau "goal" isinya.

Proposal yang di susun hendaknya menggunakan bahasa yang baik, tidak bertele-tele, bersifat mempengaruhi, dan bisa memberikan rasa yakin terhadap apa yang kita usulkan atau proposalakan. Selain itu harus sesuai dengan aturan atau formatnya ini penting terutama jika ingin mengajukan ke instansi atau lembaga, sebab di instansi atau lembaga umumnya bentuk atau format proposal menjadi tolak ukur apakah proposal kita layak diterima atau tidak.

Contoh proposal terkadang diperlukan terutama bagi anda yang tidak memiliki pengalaman dalam membuat sebuah proposal. Bahkan seringkali orang tertentu yang sering membuat proposal tertentu juga mengalami kesulitan saat membuat proposal atau contoh proposal yang lain. Selain belajar bagaimana membuat proposal yang baik, latihan adalah cara yang cukup efektif untuk membuat sesorang bisa menulis atau membuat proposal yang sukses.

Contoh proposal bisa jadi panduan bagi anda yang belum mengenal bagaimana membuat sebuah proposal yang sukses, namun saya yakin dengan latihan dan pengalaman dalam membuat proposal anda akan memiliki tips dan tirik membuat proposal yang sukses dari pengalaman.

Contoh proposal yang sering digunakan dalam kegiatan perkuliahan adalah proposal dalam rangka kegiatan lapangan/studi lapangan yang dikenal dengan istilah praktek pengalaman lapangan (PKL). Biasanya di adakan dalam rangka memperdalam suatu materi yang di ajarkan di kampus dengan terjun langsung ke tempat atau kelapangan.

Contoh proposal kunjungan ke instansi

Contoh proposal kegiatan studi lapangan

Contoh salesletter/surat penawaran

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar