Belajar lebih efektif

Tips Agar belajar lebih optimal

Tips agar belajar lebih efektif mungkin berbeda bagi tiap orang, karena umumnya lebih melibatkan emosi atau suasana hati. Tentunya kamu pasti setuju kalau kita belajar dalam keadaan emosi yang stabil dan suasana hati yang damai akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang di pelajari. Namun pernahkahkamu merasa kesulitan menemukan waktu ataupun menciptakan kondisi belajar ? Saya pernah !. Bahkan karena sulit menemukan kondisi yang tepat, saya pernah tinggal di rumah nenek untuk menghadapi ulangan umum. Di rumah nenek susana belajar lebih tenang, karena jauh dari berbagai godaan (terutama televisi). Awalnya memang sulit, paling tidak seminggu pertama. Masalahnya adalah harus melupakan kebiasaan menonton tv (program anime kesukaan samurai x).

Semiggu berlalu ternyata belajar di tempat baru ini lebih menyenangkan, pengganti TV ada radio yang menemani. Berbeda dengan TV radio lebih cocok di jadikan teman belajar dari pdaa TV karena tidak menyita banyak perhatian dari indera penglihatan. Dengan catatan tentunya belajar yang dimaksud adalah mempelajari/mengulang buku pelajaran (bukan tutorial).

Suasana baru cukup memberi semangat belajar, dan Alhamdulillah hasil ulangan pun memuaskan. Jika kita kumpulkan beberpa pendapat mengenai bagaimana dan kapan waktu belajar yang efektif maka bisa di simpulkan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Belajarlah di saat mood sedang bagus
2. Jangan menunggu mood oke baru belajar tapi ciptakan suasana belajar yang enak sehingga mood oke tercipta dan siap belajar
3. Utamakan intensitas, terapkan rumus 5x2 lebih baik dari 2x5
4. Pelajari pelan-pelan dan dengan pengulangan
5. Belajar dengan beberapa aktifitas terangkai jika masih belum efektif (baca, tulis, dan dengar)
6. Ciptakan lingkungan yang mendukung
7. Singkirkan segala godaan yang mungkin dapat mempengaruhi konsentrasi belajar
8. Belajar bersama jika dianggap lebih baik/bisa memotifasi diri
9. Makan makanan yang bergizi
10.
Jangan menunda

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar