Anggrek Hutan (Keanekaragaman Hayati)

 Hutan  Indonesia menyimpan beragam flora dan fauna yang hingga kini masih banyak yang belum teridentifikasi. Kesemuanya merupakan kekayaan bangsa kita yang harus di kenali dan di manfaatkan secara bijak untuk kemaslahatan hajat hidup orang banyak. Keanekaragaman Hayati ini terhampar dari timur hingga barat tersebar di ribuan pulau di nusantara baik berupa tumbuhan/hewan tingkat rendah, maupun tumbuhan tingkat tinggi.
Phal. gigantea
Salah satu keanekaragaman hayati yang patut kita lestarikan adalah anggrek. Anggrek adalah salah satu dari banyak flora yang memiliki nilai baik dari segi ekonomis, estetika, farmakologis, maupun biologis. Anggrek lebih di kenal di masyarakat sebagai bunga anggrek yang memiliki keindahan dan ketahanan bunga yang lama. Karena sifat-sifat itulah anggrek mulai banyak di budidayakan dan di silangkan untuk mendapatkan anggrek Hibrida yang memiliki bunga indah dan tahan lama. Sayangnya keberadaan anggrek hutan sebagai plasma nuftah yang tak ternilai harganya kian terancam oleh ekploitasi yang berlebihan dan konversi hutan yang merupakan habitat asli anggrek.

Keprihatinan ini menggugah komunitas-komunitas pecinta anggrek terutama Perhimpunan Anggrek Indonesia untuk lebih gencar melakukan upaya penyelamatan dan pelestarian anggrek khususnya anggrek spesies atau anggrek alam. Salah satunya seperti yang di lakukan oleh Komunitas Pecinta Anggrek FKIP Unlam Banjarmasin dengan mensosialisasikan Gerakan Cinta Anggrek Indonesia, berupa penanaman 1000 anggrek di lingkungan kampus dan tepi jalan Kota Banjarmasin.
Perhimpunan Anggrek Indonesia
Phal. amabilis var. pelaihari
Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman facebook anda !
Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar