Antisipasi Virus

Menonaktifkan Autorun
BannerFans.com ImageChef Custom Images

Khusus berbicara mengenai ancaman virus, ada dua tindakan, preventif dan quratif. Preventif adalah tindakan pencegahan atau sebelum insiden sedangkan kuratif adalah tindakan setelah insiden atau tindakan penyembuhan. Sebenarnya antivirus termasuk kedalam golongan preventif, yaitu berfungsi untuk mencegah komputer terinfeksi virus, walaupun dalam beberapa kasus antivirus digunakan untuk membasmi virus yang sudah menginfeksi komputer dan cukup berhasil, tetapi dalam banyak khusus antivirus tidak berdaya menghadapi virus, bahkan beberapa virus melumpuhkan antivirus dalam aksinya. Kalau sudah mendapatkan kasus seperti virus Gnurbulf (Flu Burung) atau Rontokbro yang tetap restart komputer dalam safe mode, tentunya antivirus sudah tidak mempan lagi dan tindakan kuratif harus dilakukan, yaitu NTFS for DOS, atau tindakan merawat inap harddisk dengan membersihkan pada komputer lain
(jadikan sebagai slave).

Sudah umum sekarang bahwa salah satu media perantara penyebar firus adalh flashdisk atau USB flashdisk, disket (jaman dulu), CD dsb. Pada awalnya untuk mengantisipasi ini, kita bisa berhati-hati dengan tidak mengklik sembarang file yang tidak di kenal yang ada di dalam flashdisk. Namun sekarng ini langkah tersebut sudah tidak bisa di pakai lagi sebab pembuat virus kini memanfaatkan fitur autorun saat flasdiks atau media lainnya di colokkan ke komputer. Dengan begitu virus akan secara otomatis di jalankan tanpa perlu menunggu klik lagi.

Nah pertanyaanya bagaimana cara agar fitur autorun ini tidak dimafaatkan virus untuk menjalankan dirinya ?

1. Pengaturan Konfigurasi di Windows
Untuk cara pertama ini dilakukan melalui Group Policy [GPEDIT.MCS], caranya:

> Klik menu [Start]
> Klik [Run]
> Ketik GPEDIT.MSC pada kolom RUN ,lalu OK
> Setelah muncul layar Group Policy klik User Configuration , pilih Administrative Templates.
> Pilih System, lalu cari Turn Off Autoplay.
> Klik kanan pada Turn Off Autoplay, lalu pilih Properties, lalu pilih Disabled.
> Klik Apply selanjutnya klik OK.
> Kemudian Restart komputer.

2. Pengaturan Registry
Untuk cara kedua ini tidak harus pusing-pusing mencari konfigurasi disable Autorun di Registry cukup download file ini :

usb_write_protect.zip

Setelah selesai di download lalu di ekstrak, Untuk men-disable Autorun,double klik disable_write_protect.reg , lalu klik OK bila muncul peringatan Registry Editor, lalu Restart Komputer atau Log Off komputer untuk mengaktifkan konfigurasi registry yang baru.
Untuk mengaktifkan kembali Autorun kembali double klik enable_write_protect.reg , lalu klik OK bila muncul peringatan Registry Editor, lalu Restart Komputer atau Log Off komputer untuk mengaktifkan konfigurasi registry yang baru.

Bisa juga dengan menggunakan prgram Ninja pendisk!


Untuk program ninja pendisk! Download dari sini, kemudian jalankan program. Maka
Ninja pendisk! Akan berjalan dan dengan otomatis akan mendisable-kan setiap program Autorun bila flashdisk dicolokan ke port USB di komputer.

Jika anda tetap ingin mengaktifkan autorun dan ingin secara manual menonaktifkan autorun setiap kali anda memasukkan CD, tekan [Shift] pada saat anda memasukkan CD untuk menonaktifkan autorun.


Download cara disable autorun PDf
Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman facebook anda !
Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar