Tumbuhan Rambai

Rambai (Baccaurea motleyana  M.A.), tumbuh di dataran rendah hingga 750 mdpl. Lokasi yang cocok adalah tanah liat kuning berpasir yang terdapat di dataran rendah dan tidak tergenang air. Saat masih muda buahnya berasa  asam bercampur sedikit manis atau asam sama sekali.

Namun bila sudah tua dan masak akan berasa manis bercampur sedikit asam atau asam agak manis. Mungkin karena rasanya kurang enak, buah ini kurang disukai dan pada akhirnya tidak banyak dibudidayakan. Perkembangan tanaman ini menggunakan biji. Manfaat tanaman rambai bagi manusia sangat beragam.

Buah rambai yang masak bisa langsung dimakan atau dibuat bahan minuman yang dicampur sirop dan es batu. Kulit buah rambai yang licin dan asam bisa dimanfaatkan sebagai pencampur bumbu kuah sayuran dan pepesan ikan. Kulit batangnya yang berwarna cokelat muda dapat digunakan sebagai pencampur ramuan jamu atau obat tradisional untuk penyakit tertentu. Selain itu, kulit tersebut dipakai untuk mewarnai kain. Bila dicampur dengan akar pohon harendong  dapat menghasilkan warna merah terang. Kayunya dapat digunakan sebagai bahan perabot rumah tangga. Biasanya kayu rambai yang dikeringkan dapat dipakai sebagai kayu bakar, terutama dahan-dahan yang agak kecil beserta rantingnya.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda !

Share

Informasi

Pesan Crack Bot untuk travian di sini(buy crack bot for travian here)


Crack Bot for travian


Kunjungi

Ingin punya bisnis Online Sendiri?

Komunitas Travian Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar