Tips sukses dalam wawancara kerja

Tips-Tips Agar Wawancara Anda Sukses

Bagi si pencari kerja, mendapat panggilan wawancara merupakan hal yang menyenangkan tapi juga mencemaskan. Jelas mereka yang mendapatkan panggilan wawancara selangkah lebih dekat dengan posisi pekerjaan yang di idamkan. Tapi tanpa persiapan bisa jadi wawancara adalah tempat anda menghentikan langkah dan melepas semua angan-angan untuk bekerja di tempat yang di inginkan. Berikut Tips yang bisa saya sampaikan dalam menghadapi dan melalui tes wawancara agar anda sukses di terima bekerja :
Sebelum wawancara :
  1. Tetap tenang, hindari hal-hal yang dapat menekan. Pustkan diri agar tetap rilex dan jika perlu terapkanlah metode relaksasi, misalnya mandi air hangat sebelum berangkat ketempat wawancara. Dengan keadaan rilex anda akan lebih tenang melewati wawancara
  2. Persiapkan diri anda, baca ulang surat lamaran, daftar riwayat hidup, formulir lamaran, dan materi lainnya yang berhubungan dengan bidang kerja yang anda lamar. Siapkan juga beberapa pertanyaan, karena biasanya pihak pewawancara akan memberikan kesempatan bertanya kepada anda.
  3. Kenakan pakaian profesional, tidak harus mahal tetapi dapat anda kenakan dengan nyaman dan sopan, tentunya di sesuaikan dengan situasi (formal)
  4. Susunlah rencana, misalnya anda akan berangkat menggunakan apa, pikirkanlah rute perjalanan anda kapan anda harus berangkat dan tiba pukul berapa. Jangan sampai anda tiba terlambat di tempat wawancara.
  5. Tibalah lebih awal. lebih baik anda tiba lebih awal 5 menit dari pada anda terlambat 1 menit. Dengan tiba lebih awal anda dapat banyak manfaat misalnya anda dapat merapikan kembali diri anda dengan pergi ke kamar mandi.
Saat wawancara :
  1. Tampilkan kesan pertama yang baik, berdirilah ketika bertemu pewawancara, buatlah kontak mata sambil menjabat tangannya. Tunjukan rasa antusiasme.
  2. Jagalah kontak mata, dengan menjaga kontak mata anda telah menunjukan penghargaan dan rasa antusias, kesungguhan serta perhatian terhadap kesempatan yang ada. Namun jangan sampai kontak mata anda berlebihan.
  3. Bertanyalah, jangan biarkan pewawancara mendominasi semuanya, ajukanlah pertanyaan jika mungkin, dan bertanyalah pada saat diberik kesempatan oleh pewawancara.
  4. Mencatat bila anda bisa, catatlah poin-point penting selama wawancara, bawalah buku catatan serta pena, jangan sampai anda meminjam terlebih kepada si pewawancara.
  5. Tunjukanlah contoh karya, jika anda memiliki prestasi dibidang apapun (positif), anda dapat menunjukkannya kepada pewawancara.
  6. Jualah kualitas anda, jujurlah terhadap aset yang anda miliki, tunjukan bahwa anda adalah pribadi yang kreatif dan pekerja keras.
  7. Ucapkanlah terimakasih, setelah wawancara selesai jangan lupa mengucapkan terimakasih, sikap ini akan menandakan bahwa anda respek dengan kesempatan dan pewawancara.
Jadi selamat berusaha, semoga anda sukses luar biasa !
Download tips-tips agar berhasil dalam wawancara kerja versi pdf

Pernah berpikir internet sebagai sumber alternatif keuangan anda ?

Kini anda bisa mewujudkannya
miliki usaha online anda sendiri
tanpa perlu membayar mahal
Karen setiap orang berhak sukses
termasuk anda.
cukup dengn 50 ribu (klik gambar)
anda sudah bisa memiliki sofware
bisnisnya
Dengan memiliki sendiri maka
hasilnya 100% jadi milik anda.

Blog menarik untuk di kunjungi !
Blog motivasi dan bisnis online

Blog pecinta anggrek

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar