Contoh Laporan Fisiologi hewan

Kompormitas terhadap Oksigen pada Hewan

Poikiloterm


Percemaran air baik secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan ikan. Pengaruh yang secara tidak langsung umumnya dapat merusak lingkungan hidup ikan-ikan antar lain rendahnya kandungan O2, perubahan pH temperatur, kekeruhan air serta kurangnya bahan makanan alaminya. Sedangkan pengaruh secara langsung kemungkinan akan terjadi dampak yang secara menyeluruh sehingga menyebabkan kematian pada ikan baik cepat atau lambat tergantung dari bahan pencemar.

Keperluan akan O2  dan produksi CO2 dari suatu hewan akan meningkat sebanding dengan massanya, sedangkan kecepatan gerak gas melintas permukaan tubuh sangat tergantung pada luas permukaan tubuh. Oksigen berdifusi sangat lambat di dalam cairan. Kalau hanya mengandalkan difusi saja sebetulnya kurang memuaskan untuk memindahkan O2 dari lingkungan luar dan mensuplai O2 ke sel jaringan.

Bila ukuran organisme kurang dari 0,5 mm, difusi saja masih dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan O2. Difusi merupakan mekanisme dasar dengan O2 dan mengeluarkan CO2 melintasi membran respirasi, tetapi respirasi harus dibantu oleh mekanisme yang lain, untuk memungkinkan suplai O2 dan mengeluarkan CO2  secara  terus menerus Pada hewan yang besar, harus dilengkapi dengan permukaan yang luas dan banyak mengandung kapiler untuk mengambil banyak CO2 dari lingkungan luar dan dilengkapi dengan mekanisme untuk pengeluaran CO2.

Jumlah CO2 dan O2 yang larut dalam air bervariasi menurut suhu dan kadar garam dalam air, maka makin tinggi suhu, jumlah O2 yang dapat larut dalam suatu larutan makin sedikit. Ini berarti bahwa makin tinggi suhu maka jumlah O2 yang tersedia di air berkurang.

Download Contoh laporan Fisiologi Hewan



Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda !

Share

Informasi

Pesan Crack Bot untuk travian di sini(buy crack bot for travian here)


Crack Bot for travian


Kunjungi

Ingin punya bisnis termurah dengan hasil maksimal ! 

Komunitas Travian Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar