Biokimia (denaturasi protein)

Denaturasi Protein 

Suatu rantai protein biasanya mengacu  pada biopolymer dengan berat molekul lebih besar dari beberapa ribu. Tiap protein mempunyai urutan sisa asam amino tertentu dalam rantainya, yang sebagian besar menentukan sifat-sifat biologis dan fisikokimianya. Beberapa protein juga dapat larut dalam air, seperti keratin rambut dan kulit tidak dapat larut dalam semua system berair. Banyak protein telah pecah dan dimurnikan berdasarkan atas ukuran molekul dan kelarutannya. Dengan larutnya protein tersebut maka akan merubah fisik protein yang menyebabkan protein juga kehilangan sifat kelarutannya yang disebut denaturasi.

 Denaturasi dapat terjadi oleh banyak bahan. Termasuk di dalamnya adalah panas dan bahan kimia yang merusak ikatan hydrogen dalam rantai tersebut. Terdapat banyak konformasi antara asli molekul protein dan konformasi di mana rantai protein ada dalam keadaan rampang sempurna meruang. Pada konformasi terakhir ini, protein dikatakan mengalami denaturasi sempurna. Akan tetapi, terjadinya keadaan rampang sempurna rantai protein tidak harus berarti hilangnya fungsi biologis. Fungsi biologis memiliki aktivitas maksimum pada keadaan aslinya dan suatu perubahan dalam struktur yang menyebabkan hilangnya fungsi alami protein tersebut. 

 Beberapa jenis protein sangat peka terhadap perubahan lingkungan. Suatu protein mempunyai arti bagi tubuh apabila protein tersebut di dalam tubuh dapat melakukan aktivitas biokimiawi yang menunjang kebutuhan tubuh. Aktivitas ini8 banyak tergantung pada struktur dan konformasi molekul protein yang tepat. Apabila konformasi molekul protein berubah, misalnya oleh perubahan suhu, pH, atau karena terjadinya suatu reaksi dengan senyawa lain, ion-ion logam, maka aktivitas biokimianya akan berkurang.

Contoh laporan praktikum Biokimia denaturasi protein pdf

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda !

Share

====================================================================
Aplikasi travian paling great !!

TMbot manager Crack Version

Order & confirm to: muhammadjumani@gmail.com


Information : Click here


===========================================================================

Ingin punya bisnis online sendiri ?

Penghasilan ratusan ribu-jutaan/bulan 100% jadi milik anda.

Mudah, simple, tidak perlu banyak pengalaman berbisnis.

99% Otomatis, tidak repot, tidak perlu cari downline.

Di rekomendasi untuk pemula, yang masih awam bisnis internet !

Dengan 50 Rb, gratis member selamanya, dan gratis download jutaan file. 

Informasi lebih lanjut klik disini.







0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar